Kamis, 05 April 2012

Berbarengan, Bos Apple dan Facebook Kunjungi China


Tim Cook dan Mark Zuckerberg
Beijing - Pekan ini, China kedatangan dua petinggi raksasa teknologi. CEO Apple Tim Cook dan miliuner muda pemilik Facebook Mark Zuckerberg terlihat berada di negeri Tirai Bambu dalam waktu hampir bersamaan.

Tentu saja, kunjungan ini menarik perhatian publik. Keduanya bukan orang sembarangan, perusahaan yang mereka gawangi diketahui tengah intens melakukan pendekatan dengan China. Namun spekulasi ini tidak mendapatkan konfirmasi baik dari Apple maupun Facebook.

Berdasarkan pemberitaan media setempat, kunjungan Cook ke China antara lain bertujuan mengunjungi toko Apple dan mengadakan pertemuan dengan pejabat pemerintah China. Seperti dilansir Los Angeles Times, Rabu (28/3/2012), Apple membenarkan hal ini, namun menolak menjelaskan lebih detail.



Berbeda dengan Cook yang lebih formal, kunjungan Zuckerberg tampaknya memiliki tujuan berlibur, sama seperti yang dilakukannya saat ke Vietnam tahun lalu. Sejumlah foto bidikan paparazi memperlihatkan bos Facebook ini berlibur bersama kekasihnya Priscilla Chan.



Namun yang jelas, baik Apple maupun Facebook memang memiliki ketertarikan khusus kepada China dalam ekspansi bisnisnya. China adalah pasar mobile dan internet terbesar di dunia yang pastinya sayang jika dilewatkan Apple dan Facebook.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar